Breaking News

BERBAGI ILMU : SEMINAR UMKM SOSIAL WEEK PRASETYA MULYA





PELUANG
PELUH – KERJA KERAS

MENGENAL DASAR – DASAR KEWIRAUSAHAAN DAN KENDALA YANG DIHADAPI.

7 PENYAKIT USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM)
PEMASARAN :
1. TULI 
Satu pembeli – bisnus hanya memiliki satu atau dua pembeli saja karena keterbatasan kapasitas dan jangkauan pemasaran.
Cumajual di 1 lokasi.
Masalahnya : harga jual dikuasai oleh pembeli dan penjualannya terbatas.
PERMEN  diusahakan untuk pengecer / multi konsumen.
Tambah dan variasikan titik penjualan.  cari sebanyak banyaknya peluang untuk menitip produk.
Tambah dan variasikan penawaran. Misal variasi kategori.

2. MENCRET
Menjual ceroboh dan teledor.
Pengusaha sering kurang perduli dan perhatian kepada pembelinya.
Pelayanan tidak baik hingga mengecewakan pembeli. Yang berakibat pembeli lari ke penjual lain.
KEMENYAN  KETERAMPILAN MENJUAL DAN RAMAH.
Meyakinkan konsumen untuk membeli produk yang sama... dengan penjelasan yang logis.

3. MUNTAH
Menjual mentah  pengusaha tidak memberikan nilai tambah, barang dijual persis seperti yang dibeli.
PROMAH  PROSES NILAI TAMBAH. 
Contoh : cabe  sambel bu rudi, ayam  abon ayam. 

PRODUKSI :
4. KURAP  kurang pemasok / supplier.
Usaha hanya memiliki 1 pemasok saja, bisa jadi karena sudah langgaanan, sehingga kita tidak pernah membandingkan harga dengan pemasok lainnya.
SURBEK “T”  SURVEY KE BANYAK PEMASOK / BANYAK TEMPAT.

5. BATUK  barangnya tunggal dan ketinggalan jaman  produknya itu-itu aja... tidak mengikuti perkembangan jaman.
DIATAB  DIANJURKAN MENAMBAH VARIASI PRODUK.


6. KUTIL  KURANG TERAMPIL
Banyak pengusaha yang memasuki bisnis tanpa dibekali keterampilan.
KURMA  KURSUS, MAGANG, KETERAMPILAN

KEUANGAN  :
7. CAMPAK
Campuran usaha dan keluarga. 
Faktor yang tercampur biasanya uang usaha dan uang pribadi.
ORALIT  MORAL DAN ITIKAD

Tidak ada komentar